Minggu, 26 Juli 2015

TIPS MEMBUAT ANIMASI STOP MOTION YANG MENARIK

Membuat animasi Stop Motion bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang dibutuhkan sejatinya adalah ide dan kreatifitas yang tinggi. Banyak orang yang bisa membuat animasi Stop Motion, namun tidak semua video animasi tersebut menarik dan enak ditonton. Ada beberapa poin-poin berkesinambungan yang harus diperhatikan dalam membuat video animasi Stop Motion yang menarik, diantaranya:

1. Pikirkan konsep dengan matang
Hampir semua video animasi yang banyak diminati penonton diawali dengan Planning (perencanaan) yang matang. Biasanya dalam proses Pra produksi ini memakan waktu yang lebih lama dibanding saat proses Produksi, karena banyak aspek yang perlu diperhitungkan, misal jalan cerita, durasi video, properti yang dibutuhkan, biaya Opersional, dan masih banyak lagi. Konsep yang matang akan sangat memudahkan kita dalam menciptakan karya film/video dengan lebih mudah dan cepat.

 Jadi, langkah awal adalah menentukan tema video yang akan Anda buat. Apakah termasuk dalam kategori film komedi, horor, romantis atau yang lainnya. Setelah itu, susun konsep dan jalan cerita dengan baik.

2. Estimasi Waktu
Masih berkaitan dengan poin pertama, perkirakan waktu yang cukup / lebih untuk membuat video animasi ini. Jangan sampai memberi dateline yang terlalu mepet sehingga hasil video menjadi tidak maksimal.


3. Santai dan jangan terburu-buru
Masih berkaitan juga dengan poin ke 2. Teknik The Power of Kepepet atau SKS (Sistem Kebut Semalam) biasanya berlaku jika kita tengah menggarap video dengan dateline yang sudah mepet. Hindari kebiasaan ini, jika ingin mendapatkan hasil video yang maksimal. Beri waktu lebih sekitar 1-3 hari untuk berjaga-jaga atau mungkin revisi yang lebih baik. Buat diri nyaman dengan apa yang dikerjakan, nikmati setiap prosesnya. Dengan begitu kita akan terbiasa merangsang otak kanan untuk berkreasi dengan lebih kreatif.

4. Jangan pikirkan jumlah foto yang dijepret.


Poin ini berlaku bagi Anda yang ingin membuat video animasi Stop Motion untuk keperluan individual, misal Ulang Tahun, Anniversary, kado untuk pacar/sahabat, tugas sekolah, dan kebutuhan pribadi lainnya. Poin ini perlu diperhatikan, karena beberapa dari kita mungkin salah kaprah dalam mengartikannya. Animasi Stop Motion terdiri dari ratusan gambar/foto. Semakin banyak object yang difoto, video yang dihasilkan akan semakin halus yang artinya semakin bagus (dengan Settingan 5 fps). Jadi, jangan ragu untuk menjepret objek secara perlahan, demi mendapatkan hasil yang maksimal .

5. Merencanakan model gerakan sebelum penganimasian
Seorang  animator hendaknya sudah mempersiapkan gerakan apa yang akan dibuat selanjutnya. 


Hindari berpikir dan merencanakan untuk menganimasikan objek saat proses Produksi. Kembali ke Poin 1, konsep yang matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar