Jumat, 19 Desember 2014

TIPS MENGASAH KREATIFITAS


sukses kreatif,tamanlangit-production.blogspot.com,085755187749
Sukses dengan berpikir kreatif


          Sukses adalah hak semua orang. Semua orang punya kesempatan dan peluang yang sama untuk meraih kesuksesan. Tapi, sukses tidak dapat diraih dengan mudah. Tangga demi tangga harus dilalui dengan sabar dan tekad kuat tentunya.
     Selain tekad dan kerja keras,ada satu lagi modal meraih sukses, yaitu KREATIFITAS ! Kreatifitas adalah daya ungkit menuju keberhasilan. Yang namanya pengungkit itu, ia bisa membuat sesuatu lebih mudah, lebih ringan, lebih cepat, lebih menarik, dan lebih lagi yang lain.
   Jalan sukses itu bukan hanya satu, tapi bercabang-cabang dan semuanya akan berujung pada kesuksesan. Orang yang kreatif akan bisa melihat cabang-cabang jalan tersebut dengan mudah, tidak hanya terpaku pada satu jalan saja. Dengan begitu, potensi kesuksesan akan menjadi lebih besar. Pikiran yang kreatuf, aktivitas yang membutuhkan waktu 1 tahun mampu selesai hanya dalam waktu 1 bulan.
     Mengingat begitu pentingnya sebuah kreativitas, maka sudah sewajarnya bila kia terus melatih dan mengasahnya. Kreatif hanya perlu dilatih dan diasah, bibitnya sudah ada dan megendap dalam diri setiap manusia. Berikut ada tips yang bisa kita gunakan untuk mengasah kreativitas kita:

1. Sering Latihan
Pada awalnya memang akan terasa sulit untuk memulai sesuatu. Tapi dengan latihan secara rutin, kreativitas perlahan akan muncul dengan sendirinya. Belajar naik sepeda perlu perjuangan di awal. Setelah terjatuh berkali-kali kita akan lancar dan bersepeda menjadi sangat menyenangkan.Begitupun kreativitas, akan terasa sulit di awal, terasa berat, menguras energi, dsb. Tapi setelah terbiasa maka ide-ide kreatif akan begitu mudahnya mengalir.

2. Berpikir berbagai arah

otak kreatif,tamanlangit-production.blogspot.com,085755187749
otak kreatif


 Mengubah sudut pandang terhadap sesuatu memungkinkan kita mendapat ide-ide kreatif. Mengubah  sudut pandang berarti kita sedang memperluas kemungkinan untuk melihat sesuatu yang tak terlihat sebelumnya. 
Banyak orang menyebutnya dengan Thinking Out Of The Box, berpikir dengan keluar dari kotak, keluar dari pakem-pakem yang membelenggu, keluar dari aturan-aturan kaku, membebaskan daya imajnasi untuk menemukan.

3. Teknik ATM
Seringkali dalam menciptakan ide-ide kreatif kita mengalami kebuntuan. Yup, Kebuntuan ide-ide segar memang suatu hal yang wajar dan pasti akan dijumpai oleh setiap orang. Namun tak perlu khwatir. Ada 1 jurus ampuh untuk mengatasi kondisi ini, yaitu ATM alias Amati, Tiru, Modifikasi. Sebuah strategi sederhana, hanya bermodalkan kemauan mengamati dan menganalisa apa yang sudah ada di sekitar. 
Tidak ada hal yang benar-benar baru di dunia ini. Ide munculnya pesawat terbang adalah hasil pengamatan dan peniruan dari sekor burung. Kamera adalah tiruan cara kerja mata kita. Microphone terinspirasi dari telinga ita. Kartu memori trinspirasi dari cara kerja otak kita. Begitu seterusnya.


4. Lakukan hal spontan

Ibarat meminum kopi yang masih panas, pasti rasanya nikmat sekali bukan ? Berbeda kala kita meminumnya saat kopi tersebut sudah dingin. Begitupun dengan kreatifitas. Saat kita menemukan ide cemerlang, segera lakukan sekarang, JANGAN DITUNDA ! Karena disaat kita menemukan ide dan langsung mengaplikasikannya, kita akan menemukan semangat lebih dan pastinya akan menghasilkan suatu karya yang menakjubkan. Namun berbeda kalau kita hanya mengingatnya dan menunda untuk mengerjakannya, semangat kita lama kelamaan akan semakin pudar dan ide tersebut akan menghilang begitu saja.
Kita bisa menuangkan ide yang kita dapat dengan mencatatnya, menggambarkan garis besarnya dicoretan kertas, lalu segera mengerjakan.

5. Rangkul keterbatasan
Keterbatasan, semua orang tidak menyukai kata ini. Namun sejarah di dalam kehiduan kita penuh dengan contoh dari kecerdikan manusia menampilkan kreativitas ketika berhadapan dengan  keterbatasan.
Sejatinya keterbatasan adalah lahan subur dimana benih-benih kreativitas tumbuh dan terus tumbuh. Tanpa adanya tantangan berupa batasan, kreativitas seperti enggan untuk muncul.
Ketika kita dibatasi oleh keadaan, situasui, atau pasokan, kita dipaksa untuk bekerja di sekitar penghalang untuk mencapai apa yang kita inginkan.
Keterbatasan melahirkan tantangan, menimbulkan reaksi untuk melatih otot-otot pikiran kreatif. Selain itu, kita seperti didorong untuk melihat sesuatu dengan cara baru. Keterbatasanlah yang membuat kita tumbuh, menggiring kemajuan, dan menghantarkan kita pada sebuah karya baru.

6. Hadapi si Otak Kadal
     
otak kadal,tamanlangit-production.blogspot.com,085755187749
otak kadal


Pernahkah kamu merasa sedang menemukan ide yang kamu anggap brilian, ide itu justru hanya dianggap sebatas angan angan ? Kamu merasa tidak berani untuk melaksanakan ide brilian itu menjadi kenyataan. Kamu merasa ketakutan dan menjadi tidak percaya diri ketika mau merealisasikan ide tersebut. Seperti ada sesuatu yang membisikimu dengan kalimat-kaimat yang membuat pesimis, ragu, dan mengancam rasa amanmu. Jangan lakukan itu, nanti kamu bisa merugi ! Jangan bertindak, pasti akmu aan gagal! Awas, jika kamu berbuat seperti itu, orang akan menertawakanmu!

     Bagian otak ini bertugas untuk merespons rasa takut, marah, dan nilai-nilai negatif. Otak kadal selalu berusaha mengajak kita untuk betahan hidup. Jika ada yang menganggu, misal nyamuk, kita akan hancurkan dia sampai mati. Namun, jika ada lawan yang lebih mengerikan.misal.. harimau, otak kita lebih memilih untuk menyuruh kita lari terbirit-birit.

     Ada senjata yang harus kita siapkan untuk menghadapi si Otak Kadal:
- Mengizinkan ide yang dianggap buruk oleh si kadal untuk masuk. Anggap bahwa tidak apa-apa jika mendapatkan ide buruk.
- Sebisa mungkin tidak ada Plan B dalam sebuah ide. jangan beri si kadal untuk memilih
- Melatih diri untuk memiliki pola pikir yang berlawanan dari si kadal
- Rangkul kegagalan sebagai pengalaman dalam belajar
- Jangan membuat berbagai macam alasan.

7. The Power of Kepepet
Siapa bilang keterbatasan akan menghambat kreativitas ? Justru,kreativitas muncul dalam keterbatasan. Inilah keistimewaan dan hikmah yang tersembunyi dari keterbatasan, The Power Of Kepepet. Orang yang kepepet akan bekerja extra keras keluar dari keadaan, segala upaya dilakukan. Dalam keadaan ini, tombol-tombol kreativitas menjadi lebih aktif.

8. Keluar dari rutinitas
Kini rutinitas seperti sudah menjadi bagian dari hidup kita seharihari. Setiap orang pasti memiliki rutinitasnya masing-masing. Yan bekerja, sekolah, kuliah.Rutinitas membuat otak menjadi kurang terstimulasi untuk bekerja. Inilah kemudian yang membuat banyak pkar menyatakan bahwa rutinitas adalah salah satu penghamba kreativitas. Kreativitas itu melakukan al-hal yang berbeda-beda, sedangkan rutinitas adalah kebalikannya. 

Berikut adalah hal-hal kecil yang mungkin bisa merubah rutinitas kita:
- mengubah rute jogging
- melewati jalan yang berbeda ketika berangkat kerja / sekolah
- meluangkan wktu untuk mengeksplorasi kota tempat tinggal
- mengubah waktu kerja
- mengubah tepat kerja
- membaca koran yang berbeda

9.  Relaksasi
Kreatif itu membutuhkan rasa rileks. Beberapa cara untuk merelaksasikan diri diantaranya:
- mendengarkan musik
- mengambil jeda untuk istirahat
- Plesiran
- Bersyukur

10. Menghilangkan Racun Kreativitas.


takut gagal,tamanlangit-production.blogspot.com,085755187749
jangan takut gagal
 Takut gagal adalah racun kreativitas. Orang kreatif itu sejatnya perpindahan dari zona nyaman ke zona penuh tantangan. Takut akan kegagalan membuat seseorang tidak berani beranjak dari zona nyaman itu. Kegagalan bukanlah hal yang harus dijauhi, justru kegagalan harus didekati, diamati, dan dikendalikan. Di balik kgagalan selalu ada keberhasilan yang menanti.
     Sebenarnya kegagalan sejatinya bukanlah kegagalan, hanya kita sedang melakukan kesalahan. Yang perlu dilakukan hanyalah kembali bangkit dan berusaha memperbaiki kesalahan yang kta lakukan. Hidup memang beresiko. Banyak orang memiliki tujuan, namun mereka tidak menyadari bahwa berbagai kemungkinan untuk gagal ada di depan mata. Awalnya, banyak yang menginginkan kesuksesan, namun tidak banyak yang mencapai, karena "gugur" di tengah perjalanan.
    

Sumber:

Buku Cara Super Untuk Kreatif - Panji Pranowo
Kreatif Sampai Mati - Wahyu Aditya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar